PENGERTIAN, MACAM-MACAM PENGERTIAN

PENGERTIAN Pengertian adalah uraian kata dari penulis kepada pembaca agar pembaca dapat mengerti tentang permasalahan. Pengertian Hak Cipta : Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perlindungan Hak Cipta : Perlindungan terhadap suatu Continue Reading »

Pengertian Substansi

Artikel Pengertian Substansi Substansi dapat ditafsirkan sebagai ‘yang membentuk sesuatu,’ atau yang pada dasarnya merupakan sesuatu atau dapat disempitkan menjadi itu. Pembahasan mengenai substansi akan selalu terkait dengan esensi (essence). Esensi ialah hakekat barang sesuatu. Setiap substansi mengandung pengertian esensi; tetapi tidak setiap esensi mengandung pengertian substansi.Aristoteles menunjukan bahwa substansi dapat dikatakan merupakan sesuatu yang Continue Reading »

Pengertian Urbanisasi

Artikel Pengertian Urbanisasi Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi adalah masalah yang cukup serius bagi kita semua. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan. Jumlah peningkatan penduduk kota yang signifikan tanpa didukung dan diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan, fasilitas umum, aparat penegak hukum, Continue Reading »

Pengertian Proyeksi

Artikel Pengertian Proyeksi Proyeksi peta adalah suatu sistem yang memberikan hubungan antara posisi titik-titik di bumi dan di peta. Karena permukaan bumi secara fisis tidak teratur, maka sulit untuk melakukan perhitungan dari hasil ukuran (pengukuran). Untuk itu dipilih suatu bidang yang teratur yang mendekati bidang fisis bumi, yaitu bidang elipsoida dengan besaran-besaran tertentu. Sebagaimana yang Continue Reading »

Pengertian Transformasi

Artikel Pengertian Transformasi Pengertian Transformasi : Transformasi adalah suatu pemetaan titik pada suatu bidang ke himpunan titik pada bidang yang sama. Pembuatan peta yang berbasis pada SIG (Sistem Informasi Geografis) memerlukan transformasi. Transformasimenggunakan sistem koordinat proyeksi yang telah disepakati dan berlaku secara internasional. Misanya koordinat UTM. Konversi data digital hasil digitasi tidakdapat dipakai pada operator Continue Reading »