Sistem Informasi Rumah Sakit Pasar Rebo

By | Publised : September 17, 2014

Sistem Informasi Rumah Sakit Pasar Rebo « Jakarta

Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo yang terletak di Jl. TB. Simatupang No. 30 Jakarta dalam perjalanannya mengalami berbagai perubahan. Pada awalnya, tahun 1945, rumah sakit ini masih berupa Pos P3K di Bidara Cina, Cawang. Lalu menjadi Rumah Sakit Karantina pada 1957 dan pindah ke lokasi sekarang.

rumah sakit pasar rebo

Tahun 1962 berubah menjadi Rumah Sakit Tuberkulosa Paru. Tahun 1987 menjadi Rumah Sakit Umum Kelas C melalui SK Menteri Kesehatan Nomor 303 tahun 1987. Tahun 1992 sampai 1996 rumah sakit ini berstatus sebagai Rumah Sakit Unit Swadana Daerah. Tahun 1997 dibangunlah gedung baru berlantai delapan dan tahun 1998 statusnya naik menjadi Rumah Sakit Umum Kelas B dan terakreditasi.

Tahun 2004 lewat Perda Nomor 15/2004, rumah sakit berubah status hukum menjadi PT. Terakhir, 2006 sampai sekarang lewat Keputusan Gubernur Nomor 249/2007 status Rumah Sakit Pasar Rebo ditetapkan menjadi UPT Dinkes yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan-Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) secara penuh.

Fasilitas Layanan

Fasilitas pelayanan yang ada di RSUD pasar Rebo terdiri dari: Layanan Gawat Darurat, Rawat Jalan, Rawat Inap, Kamar Operasi, Perawatan Insentif, dan layanan Kamar Bersalin. Semua layanan ini sekaligus dilengkapi dengan layanan penunjang medis berupa:

  • Radiologi yang melayani pemeriksaan foto Rontgen selama 24 jam nonstop.
  • Laboratorium Patologi Klinik yang melayani pemeriksaan berbagai macam pemeriksaan spesimen (darah, urine, tinja, dan cairan tubuh) sebagai penunjang diagnosis, selama 24 jam.
  • Laboratorium Patologi Anatomi, yaitu unit yang melayani pemeriksaan jaringan/sel untuk diagnosis penyakit Non-Neoplasma dan Neoplasma.
  • Bank Darah yang siap mensuplai kebutuhan darah pasien selama 24 jam.

Layanan Gawat Darurat dilengkapi dengan fasilitas Gawat Darurat Medis 24 jam, Kamar Operasi Cito, dan Observasi. Fasilitas Rawat Inap di sini tersedia mulai dari kelas III yang bertarif kamar 20 ribu rupiah per hari sampai VVIP yang bertarif 450 ribu per hari.

Untuk fasilitas Rawat Jalan, di RSUD Pasar Rebo tersedia 21 klinik yang melayani pasien mulai pukul 08.30 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Untuk layanan Kamar Operasi, RSUD Pasar Rebo menyediakan Instalasi Bedah Sentral (IBS) yang berfungsi untuk melaksanakan tindakan operasi, baik yang terencana (elektif) maupun tindakan operasi tidak terencana (operasi cito), serta pelayanan rawat sehari  ODC (One Day Care), untuk bedah-bedah ringan.

Anda tak perlu khawatir dengan kualitas dan tarif untuk berobat di RS Pasar Rebo, karena manajemen rumah sakit ini menerapkan misi ”Melayani semua lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan individu yang bermutu dan terjangkau”.

Artinya, RSUD Pasar Rebo akan selalu melayani kebutuhan kesehatan bagi segala kalangan masyarakat dengan harga terjangkau, namun dengan kualitas dan pelayanan yang maksinal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *