MANFAAT JUS PEPAYA

By | Publised : August 6, 2014

MANFAAT JUS PEPAYA

 Manfaat Jus Pepaya – Selamat datang di blog pribadi saya, ada banyak topik yang tersedia di sini seperti Manfaat Jus Pepaya, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang terkait dengan Manfaat Jus Pepaya, anda dapat melakukan pencarian dengan Google™  Custom Search diatas. Berikut adalah topik tentang  Manfaat Jus Pepaya

manfaat jus pepaya

jus pepaya

 Manfaat Buah Pepaya – Pepaya atau dalam bahasa latin disebut  carica papaya, merupakan jenis buah yang mudah tumbuh di daerah beriklim tropis. Buah ini mudah tumbuh tanpa harus dirawat, cukup dengan menyebar bijinya, pepaya akan tumbuh  tanpa perlu perawatan. Namun untuk memperoleh buah pepaya dengan kualitas yang bagus, tentunya pohon pepaya harus mendapatkan perawatan yang baik.

 Manfaat Buah PepayaPepaya merupakan buah yang berbentuk bulat panjang, yang berasal dari pohon yang tumbuh secara tegak dan tidak bercabang. Bunganya berwarna putih, bila belum matang kulit buahnya berwarna hijau dan dagingnya berwarna putih dengan biji kecil-kecil berwarna putih.

Apabila sudah matang, warna kulit buah berubah menjadi hijau kekuningan, biji berubah warna hitam dengan rasa yang pahit, daging buah berwarna merah dan oranye dengan tekstur yang lunak, serta rasanya yang segar dan manis.

Tanaman Kaya Manfaat

Saat ini sudah semakin banyak petani yang membudidayakan pepaya sebagai tanaman andalan. Hal ini mengingat banyaknya kandungan gizi dan manfaat yang dapat diperoleh dari buah pepaya. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah pepaya antara lain, provitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral besi, potassium/kalium, kalori, magnesium, flavonoid, enzim papain, dan serat.

Pepaya merupakan tanaman kaya manfaat. Buah pepaya yang masih muda mengandung unsur antibiotic yang dapat digunakan untuk pengobatan tanpa efek samping. Daun pepaya juga memiliki manfaat sebagai obat cacing, batu ginjal, sakit perut pada waktu menstruasi, disentri, sembelit, malnutrisi pada balita, serta menghilangkan jerawat.

Biji pepaya matang, akar maupun getah pepaya juga memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan, di samping manfaat pada daun dan buahnya. Biji pepaya bermanfaat untuk obat sakit diare dan ubanan sebelum waktunya.

Akar pepaya dapat dimanfaatkan untuk obat hipertensi dan gangguan saluran kencing. Getah pepaya bermanfaat untuk mengobati telapak kaki yang pecah-pecah, penyakit kulit/panu, menghilangkan kutil, menghilangkan bercak merah akibat digigit serangga, dan mengeluarkan duri dalam daging.

Manfaat Jus Buah Pepaya

Pepaya biasa disajikan atau dimanfaatkan sebagai buah potong. Selain sebagai buah potong, pepaya juga dapat disajikan dalam bentuk jus. Manfaat jus pepaya antara lain, sebagai antioksidan, antikanker, memperlancar saluran pencernaan, dan membantu pemecahan serat makanan sehingga feses mudah dikeluarkan.

Manfaat jus pepaya yang lain yaitu, sebagai minuman yang dapat membantu atau mempercepat proses pemulihan dari sakit dan menjaga stamina tubuh, mengingat kandungan vitamin C yang tinggi pada buah papaya. Jus pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan dan kehalusan kulit. Hal ini terbukti dengan semakin maraknya salon-salon kecantikan yang memanfaatkan jus pepaya sebagai campuran lulur atau cream.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *