MANFAAT JUS JAMBU BIJI

By | Publised : August 3, 2014

MANFAAT JUS JAMBU BIJI, Manfaat Jus Jambu Biji, manfaat jus jambu biji

 Manfaat Jus Jambu Biji- Selamat datang di blog pribadi saya, ada banyak topik yang tersedia di sini seperti Manfaat Jus Jambu Biji, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang terkait dengan Manfaat Jus Jambu biji, anda dapat melakukan pencarian dengan Google™  Custom Search diatas. Berikut adalah topik tentang  Manfaat Jus JambuBiji

manfaat jambu biji

jambu biji

Manfaat Jus Jambu Biji – Jambu biji yang juga dikenal dengan sebutan jambu batu atau jambu klutuk termasuk tanaman perdu yang diduga berasal dari Brazil. Tanaman ini dikenalkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki kulit berwarna hijau atau kuning. Daging buahnya ada yang berwarna putih, ada juga yang berwarna merah, dan di dalamnya terdapat banyak biji. Rasanya yang asam-manis membuatnya nikmat dijadikan minuman pelepas dahaga.

Jus memang minuman yang paling difavoritkan orang. Bagi Anda penyuka jus buah, jangan segan mencoba sensasi dari jus jambu biji. Selain mampu menyegarkan tenggorokan, manfaat jus jambu masih sangat banyak, terutama berhubunagn dengan kesehatan.

Dalam seluruh bagian jambu biji, baik buah, kulit, ataupun bijinya, terkandung vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan, jauh lebih tinggi dibandingkan buah jeruk, pepaya, dan pisang. Hanya dengan satu buah jambu biji saja sudah dapat mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C pada tiga orang dewasa atau dua anak-anak. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung betakaroten, vitamin A, vitamin B1, vitamin E, serta senyawa lainnya yang baik bagi tubuh.

Manfaat Jambu Biji

Berikut akan dipaparkan mengenai beragam manfaat jambu biji.

1.    Menurunkan kolesterol

Jus jambu biji dipercaya merupakan minuman yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Hal ini berkat kandungan serat, terutama pektin, dalam jambu biji yang mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu mengeluarkannya. Jumlah konsumsi yang disarankan adalah 400 gram per hari.

2.    Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahan jus jambu biji yang kaya vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kebugaran tubuh.

3.    Sebagai antioksidan

Jambu biji merah mengandung likopen yang bermanfaat sebagai antioksidan pencegah serangan kanker.

4.    Aktif melawan virus penyebab berbagai penyakit

Tingginya kadar vitamin C dalam jambu biji dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai infeksi. Dengan demikian, tubuh tidak mudah terserang sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain. Jambu biji juga berkhasiat sebagai antidiare.

5.    Mencegah dan mengobati sariawan

Vitamin C dalam jambu biji juga berfungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler, mencegah anemia, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah, serta dapat mencegah tanggalnya gigi.

6.    Meningkatkan trombosit dalam darah

Jus jambu biji merah dipercaya dapat meningkatkan trombosit dalam darah sehingga sangat baik diminum oleh penderita DBD.

7.    Membantu mengatasi hipertensi

Potasium dalam jambu biji bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, potasium dapat membuat denyut jantung berdetak lebih teratur juga bisa mengaktifkan kontraksi otot, serta mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh dengan baik.

Selain manfaat di atas, ternyata jus jambu biji juga berkhasiat mengatasi keriput. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di Amerika dengan meneliti pola makan 4.000 wanita dengan usia antara 40 hingga 74 tahun. Ternyata, diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak memiliki keriput lebih sedikit dibandingkan dengan yang mengasup dalam jumlah sedikit. Sebab, produksi kolagennya menjadi lebih baik berkat vitamin C.

Membuat Jus Jambu Biji:

a)    Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 200 gr jambu biji
  • 50 ml air
  • Susu kental manis putih, sesuai selera
  • Es batu secukupnya

b)   Cara membuat

  • Cuci bersih jambu biji, lalu potong kecil-kecil. Jangan lupa buang bagian yang berbiji.
  • Satukan semua bahan lalu blender agar halus.
  • Tuang ke dalam gelas.

Untuk memperoleh rasa dan sensasi yang berbeda, jus jambu biji ini dapat dikombinasikan dengan buah-buahan lain, seperti jeruk, stroberi, atau nanas. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *