Cara Defrag di windows 7 | Defragmenter di Windows 7

By | Publised : August 11, 2014

Cara Defrag di windows 7 | Defragmenter di Windows 7

 

Cara Defragmenter di windows 7 – Pada Windows 7, microsoft mendesign ulang penanganan proses dan antar muka grafis dari disk defragment pada hard disk drive. Versi ini lebih memberikan kontrol dan fitur yang lebih banyak dari pada saat menggunakannya tool ini pada windows sebelumnya. Beberapa fitur seperti penjadwalan proses defrag dan keleluasaan penggunaan ditambahkan pada disk defragmentwindows 7.

Cara Defragmenter di windows 7

Bagaimana Hard Disk Bekerja?

Ketika sytem menyimpan data pada hardisk, data tersebut disimpan pada piringan disk secara acak pada bagian yang paling dekat dengan head hard disk. Hal ini akan mempercepat proses penulisan karena head tidak perlu lagi  mengurutkan penempatan data yan tentunya akan mempercepat penulisan dan penyimpanan.

Lain halnya dengan saat membaca disk, head akan membaca secara berurutan mulai dari track (posisi) awal sampai pososo akhir. Meskipun proses pembacaan terasa lebih cepat dari pada saat penulisan, pada dasarnya proses ini lebih membutuhkan lebih banyak waktu karena head akan membaca disk secara berurutan mulai dari track awal.

Tetapi kenapa proses penulisan, yang tidak berurutan malah prosesnya lebih lambat dari pembacaan? Logikanya begini, coba anda ambil satu lembar koran kemudian baca koran tersebut. Berapa lama yang anda butuhkan untuk membaca satu halaman? Sekarang coba bayangkan, kira-kira berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menulis satu halaman berita di koran? Lebih lama bukan!

Begitu juga dengan hard disk pada komputer atau notebook, membutuhkan lebih banyak waktu saat menulis ke hard disk.

Apa Kegunaan Disk defragmenter?

Disk defragmenter akan menata ulang struktur penempatan data pada hard disk dan akan mengurutkannya sesuai dengan alphabetic mulai dari track awal sampai track akhir. Dengan begitu, proses pembacaan data melalui head pada disk akan lebih cepat dari sebelumnya karena head tidak perlu lagi meloncat dari satu track ke track lain untuk membaca data.

Kalau di logika kan seperti ini. Anda punya kertas bertumpuk di meja kerja, yang kondisinya berserakan dan tak berurutan yang diakibatkan kegiatan kerja anda sehari-hari. Proses disk defragmenter akan menata ulang kertas-kertas tersebut dan mengurutkannya sesuai dengan nomor halaman, judul dan membuatnya tertata rapi di meja kerja anda.

Bagaimna Cara Menggunakan Disk Defragmenter.

Ada dua cara untuk menemukan Disk Defragmenter di Windows 7.

  1. klik meu Start -> All Programs -> Accessories -> System tools -> Disk Defragmenter.

 disk defragmenter start menu

2. Klik menu Start dan ketik Defragment pada form Search.

Pada jendela Disk Defragmenter, anda akan melihat partisi yang akan di defragment, termasuk partisi hidden yang dibuat oleh Windows 7.

 disk defragmenter window

Jika ingin melihat apakak sebuah partisi memang perlu di defrag atau tidak dengan klik tombol Analyze Disk.

disk defragmenter analyze disk

Hasil dari analisa tersebut dapat digunakan sebagai acuan apakah sebuah partisi memang perlu di defrag atau tidak. Meskipun hasil analisa menunjukkan kalau sebuah partisi tidak memerlukan defragment, anda masih bisa melakukan defrag ke partisi tersebut. Pilih partisi mana yang ingin di defrag dan klik tombol Defragment Disk untuk memulai defrag partisi hard disk.

disk defragmenter running all

Berbeda dengan defragment pada Windows XP, windows 7 mengizinkan anda untuk melakukan defragment pada beberapa partisi secara bersamaan tanpa harus menunggu proses defragment partisi yang lain selesai.

Bagaimana Menjadwalkan Disk Defragmenter.

Seperti yang kami tulis sebelumnya, fitur baru pada defragment disk windows 7 memungkinkan anda untuk menjadwalkan kapan proses defragment disk dilakukan. Tidak perlu lagi defrag manual karena system akan melakukannya sesuai dengan jadwal yang anda masukkan.

disk-defragmenter-schedule
Secara default, system akan melakukan defragment hard disk setiap minggu sekali. Tetapi anda bisa merubahnya sesuai dengan keinginan anda atau sama sekali tidak menjadwalkan defragment pada hard disk drive.

disk-defragmenter-schedule-window

Selain itu, system juga mengizinkan anda memilih partisi mana saja yang akan diikutkan oleh system pada saat disk defragment.

disk-defragmenter-select-disk

Kesimpulan!!

Disk defragment hard disk drive memang perlu dilakukan untuk mempercepat kinerja keseluruhan sebuah system. Tidak perlu melaklukan secara manual karena anda bisa menjadwalkan pekerjaan ini pada sistem operasi windows 7.

Semoga Artikel  tentang Cara Defrag di windows 7 kali ini bermanfaat.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *