MANFAAT BUAH KELENGKENG

By | July 15, 2014

MANFAAT BUAH KELENGKENG,  Manfaat Buah Kelengkeng, manfaat buah kelengkeng

Manfaat Buah Kelengkeng – Selamat datang di blog pribadi saya, ada banyak topik yang tersedia di sini seperti Manfaat Buah Kelengkeng, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang terkait dengan Manfaat Buah Kelengkeng, anda dapat melakukan pencarian dengan Google™  Custom Search diatas. Berikut adalah topik tentang  Manfaat Buah Kelengkeng

 

manfaat buah kelengkeng

Manfaat Buah KelengkengBuah lengkeng atau kelengkeng merupakan salah satu jenis buah eksklusif yang juga favorit dan banyak digemari. Buah ini juga sering menjadi suguhan bagi tamu-tamu pejabat saat berkunjung ke daerah. Rasanya yang manis dengan daging buahnya yang tebal menjadikan buah ini sangat baik sebagai sumber energi tubuh. Apalagi manfaat buah lengkeng juga sangat banyak.

Untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen, buah musiman ini sering dibuat dalam bentuk makanan kaleng atau dijadikan sirup. Tanaman lengkeng yang hanya bisa tumbuh baik di kawasan tinggi dan agak dingin ini juga dikenal banyak manfaatnya, dari akar, kayu, hingga daunnya. Masyarakat China yang terkenal dengan pengobatan herbalnya telah lama memanfaatkan tanaman lengkeng sebagai obat.

Kandungan dan Manfaat Buah Lengkeng

Buah lengkeng kaya dengan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi utamanya adalah energi, khususnya yang berasal dari sukrosa dan  glukosa sehingga buah lengkeng rasanya manis. Buah lengkeng juga banyak mengandung gizi lainnya, seperti protein, lemak, vitamin A dan B, serta berbagai senyawa lainnya.

Dengan kandungan gizinya, manfaat buah lengkeng diantaranya untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengatasi penyakit cacingan, menyembuhkan hernia, keputihan, menguatkan limfa, meningkatkan dan melancarkan sel-sel darah merah. Buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan usus dan membantu penyerapan gizi makanan oleh tubuh.

Selain buahnya, bagian lain dari pohon lengkeng juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Daunnya bermanfaat untuk menyembuhkan radang dan mengatasi demam tinggi, sedangkan akar pohon lengkeng berguna dalam melancarkan aliran darah dan peluruh kecing.

Sedangkan biji lengkeng yang berbentuk bulat hitam juga berguna dalam dunia pengobatan dan sering dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan dan penghilang rasa sakit. Kandungan saponin dalam biji buah lengkeng ternyata juga berguna dalam pembuatan sampo.

Obat Penenang

Kandungan mineral dan fitokimia dalam buah lengkeng juga berguna sebagai penenang dan menjaga kesehatan jantung. Para tabib China umumnya memanfaatkan buah lengkeng dalam membantu mengatasi pasien yang mengalami ketegangan saraf, jantung berdebar, maupun kelainan jantung.

Dalam sejumlah penelitian juga ditemukan manfaat buah lengkeng dalam membantu mengatasi kegelisahan, sulit tidur, gangguan konsentrasi, serta untuk mengendurkan saraf. Karena itu buah lengkeng juga sangat baik dikonsumsi oleh para wanita karier, eksekutif, maupun pekerja keras yang sering mengalami stress dan ketegangan.

Jadi kalau Anda sedang stress, gelisah, atau sedang mengalami kelelahan psikis akibat pekerjaan yang menumpuk ataupun dikejar target, kenapa tidak memanfaatkan buah lengkeng ? Buah yang manis ini enak dijadikan sebagai cemilan yang segar maupun dibuat jus. Manis, segar, dan bisa menenangkan pikiran tanpa takut adanya efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *