makalah perkembangan teknologi komputer

By | July 10, 2014

Memahami makalah perkembangan teknologi komputer « Komputer

Dalam makalah perkembangan teknologi komputer banyak hal yang bisa digali, terutama menyangkut seperti apa akselerasi perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih. Penting dipahami supaya person (manusia) sebagai pengguna komputer mengetahui dan bahkan memahami secara detil, Juga lebih mengenal perangkat komputer yang selalu menjadi instrumen fundamental pendukung alur kerja.

komputer


Perkembangan Tekhnologi

Pada makalah perkembangan teknologi komputer akan dijelaskan secara rinci bagaimana pola perkembangan komputer dari masing-masing generasi. Dalam tiap generasi tentu memiliki ciri khas dan karakteristik tertentu yang berbeda. Sehingga komputer menemukan bentuk “ideal” nya sebagaimana yang kita kenal dan pakai saat ini.

Secara umum, perkembangan komputer sama halnya dengan fase kehidupan manusia yang melewati masa kelahiran, masa balita, masa anak-anak, masa puber, dan dewasa. Dari waktu ke waktu selalu ada tahapan perkembangan ke arah desain yang lebih maju.


Tahapan Perkembangan

1.  Generasi Awal

Komputer sudah ditemukan namun belum sampai pada kesadaran bahwa komputer bisa menunjang keperluan manusia, terutama dalam kegiatan militer. Baru ketika meletus perang dunia ke-2, fungsi komputer disadari banyak orang (pihak militer) bisa dijadikan sebagai pengerak moda teknologi yang menunjang aktifitas kemiliterannya.

Berbekal hal itulah, maka banyak penelitian dilakukan terutama untuk melakukan pengembangan perangkat komputer yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Jenis komputer “K3” ditemukan oleh Conrad Zuse, yang berfungsi dalam mendesain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan Inggris ini bermaksud mengalahkan temuan militer Jerman. Zuse mengadakan penelitian dan berhasil mendesain sebuah komputer yang bisa berfungsi dalam membaca sandi-sandi militer Jerman.

2.  Generasi Kedua

Tahun 1948 merupakan awal mula transistor ditemukan. Transistor ini berfungsi menggantikan fungsi tube vakum dalam tv, radio, dan komputer itu sendiri. Perkembangan ini signifikan dengan ditemukannya transistor, maka ukuran komputer bisa dikecilkan dibandingkan semula, ketika masih menggunakan tube vakum. Cukup memudahkan karena dengan ukuran kecil membuat komputer bisa dengan mudah dimobilisasi.

3.  Generasi Ketiga

Ditandai dengan ditemukannya Integrated Circuit (IC) pada tahun 1958, yang berperan dalam menggantikan fungsi transistor. Salah satu kelemahan penggunaan transistor adalah cepat panas, sehingga berpotensi merusak komponen lainnya. Dengan digantinya transistor menggunakan IC, komponen komputer bisa lebih awet sekaligus pemakaian IC bisa mengintegrasi beberapa komponen dalam satu chip.

4.  Generasi Keempat

Dalam generasi ini ditandai dengan ditemukannya komponen yang lebih unggul dibandingkan dengan IC, yaitu Large Scale Integration (LSI). LSI jauh lebih baik dibanding IC, terutama dalam integrasi dengan beberapa komponen hanya dalam satu chip saja. LSI ini banyak sekali produk turunannya, yang setiap saat bisa ditemukan yang lebih baik kualitasnya.

Dengan makalah perkembangan teknologi komputer ini banyak—bukan hanya praktisi IT—masyarakat yang faham ihwal tahapan-tahapan pola pekembnagan komputer secara runtut dan komprehensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *