Permintaan dan Penawaran

By | April 21, 2014

PERMINTAAN DAN PENAWARAN > Permintaan dan Penawaran

 

PERMINTAAN
a. Permintaan (Demand)
Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.

Beberapa Penentuan Permintaan

Permintaan seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang
ditentukan oleh faktor-faktor,diantaranya :
1. Harga barang itu sendiri (Px)
2. Harga barang lain ( Py)
3. Pendapatan konsumen (Inc)
4. Cita rasa (T)
5. Iklim (S)
6. Jumlah penduduk (Pop)
7. Ramalan masa yang akan datang (F)
Persamaan :   (Qd = F.(Px, Py, Ine,T,S, Pop,F)

b. Hukum Permintaan (the low of demand)
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.

Mungkin penjelasan diatas bisa digunakan untuk barang – barang tertentu, tetapi untuk kebutuhan pokok biasanya ini tidak digunakan karena jika suatu barang yang dibutuhkan sangat diperlukan mau harga naik atau turun pasti tetap dibeli, apalagi untuk kondisi konsumen yang membutuhkan barang tersebut dengan waktu yang singkat.

Fungsi permintaan : Q = a – bp

c. Teori Permintaan
Dapat dinyatakan :
“Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya yaitu apabila permintaan naik, maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila permintaan turun, maka harga relatif akan turun.”

Bisa dikatakan jika harga barang diproduksi naik maka harga dipasaran juga akan naik, dan sebaliknya jika harga yang diproduksi turun maka harga dipasaran akan ikut turun.

PENAWARAN
a. Penawaran (Supply)
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
Penentuan – penentuan Penawaran
Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor. Yang tepenting adalah :
1. Harga →   P ↑     →  Q ↑
2. Harga barang lain →   Px ↑   →    Qy ↑
3. Biaya faktor produksi  →  Fp ↑   → cost ↑   → π  ↓     → Qs ↓
4. Teknologi →   T ↑ → cost  ↓  → π  ↑  →   Qs ↑
5. Tujuan perusahaan
6. Ekspektasi (ramalan)
Secara matematis
Qs = F (Px, Py, Fp, T1 …………… )
Persamaan penawaran Qs = a + bp

b. Hukum Penawaran

“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”

Berdasarkan hukum penawaran diatas ini lebih cocok untuk dikaitkan dengan kondisi ekonomi negara kita, khususnya dengan kebotuhan pokok.

c. Teori Penawaran
Yaitu teori yang menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.

Tentunya setiap pembeli ingin mendapatkan sebuah barang dengan harga murah, penjualpun juga ada yang ingin demikian. Banyak cara yang dilakukan penjual agar produk yang dijualnya dapat laku keras dipasaran, ada yang hanya mengambil keuntungan sedikit, ada juga yang memberikan discount pada setiap produknya, bahkan ada yang menggunakan undian berhadiah dan banyak lagi, yang penting bagi para penjual bagaimana brang yang dijual bisa laku dan mendapatkan keuntungan.

Jika kita lihat dar penjelasan yang ada diatas bisa kita lihat bahwa dinegara kita bisa dikatakan masih menggunakan teori  dan hukum permintaan dan penawaran, bisa kita lihat contoih berikut :

Di sebuah pasar yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *