Tips mengatasi stress di tempat kerja

By | March 26, 2014

Tips mengatasi stress di tempat kerja

Tips mengatasi stress di tempat kerjasetiap orang pernah didera stres saat berada di tempat kerja. Dan ketika stres sudah menjadi makanan sehari-hari yang membuat Anda selalu merasa kewalahan, takut, bahkan panik, sudah waktunya mengkonfrontasi masalah tersebut. Merasa cemas tentang pekerjaan bukanlah hal yang bisa dianggap wajar. Kondisi itu merupakan respon terhadap stres , yang untungnya bisa dapat diatasi dengan Tips Mengatasi dan lawan stres di tempat kerja.

Sejumlah gejala yang menunjukkan Anda mengalami kecemasan akibat stres antara lain:

  1. Kekhawatiran obsesif yaitu Anda tampak gugup yang ditandai dengan wajah memerah, berkeringat, gagap, atau pikiran kosong.
  2. Mengalami gejala fisik seperti denyut jantung berpacu, napas sesak, tangan dingin, dan gangguan pencernaan sebagai respon atas penyebab stres tertentu di tempat kerja.
  3. Memiliki kebiasaan menghindari tugas-tugas tertentu seperti membuat presentasi, berbicara dalam rapat, membalas panggilan telepon, atau menyelesaikan proyek-proyek rumit.

Menghindari hal-hal yang memicu kegelisahan umum dilakukan. Tapi, jika dibiarkan berlanjut maka respon tersebut akan menyebabkan fobia (dalam tingkat ekstrim). Selain itu, karier Anda pun akan menghadapi jalan buntu. Sebab, kebiasaan menghindar tersebut bisa menjauhkan Anda dari kesempatan promosi dan kenaikan gaji.

Cara Melawan / Mengatasi stress

Setiap orang perlu belajar mengelola kecemasan hingga akhirnya mampu mengatasinya. Berikut ini adalah sejumlah Tips Mengatasi dan lawan stresĀ  di tempat kerja yang dapat dipraktikkan , seperti dikutip situsĀ  sheknows.com :

  1. Semangati diri dengan kata-kata yang mendorong dan suportif. Yakinkan diri bahwa Anda mampu berjuang untuk sukses dan membuktikan diri sebagai yang terbaik.
  2. Berikan kritik membangun yang ditujukan untuk diri sendiri.
  3. Belajarlah bersikap objektif.
  4. Terbuka untuk hal-hal baru. Misalnya, pikirkan pendekatan berbeda, pelajari keahlian baru, dan cari hal-hal positif dari proyek yang Anda takuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *