Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bali

By | Publised : August 7, 2013

Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bali

Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bal i- Selamat datang di blog pribadi saya, ada banyak topik yang tersedia di sini seperti Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bali, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang terkait dengan Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bali, anda dapat melakukan pencarian dengan Google™  Custom Search diatas. Berikut adalah topik tentang  Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bali

Budaya Bali Seni Kebudayaan Masyarakat Bali – Mengenal lebih dekat tentang kehidupan masyarakat Bali tentunya juga harus memahami seni kebudayaan yang ada di pulau wisata ini. Pulau yang terkenal dengan sebutan pulau Dewata ini mampu manrik perhatian dunia, khususnya wisatawan.
Bali, selalu menawarkan pesona. Begitu menurut kata banyak orang. Bali merupakan surga wisata Indonesia, Boleh jadi iya karena harus di akui untuk saat ini Bali memang menjadi tujuan favorit penghobby traveling di Indonesia. Tidak hanya sektor wisata saja yang menarik di pulau dewata ini. Ternyata Budaya Bali juga menarik untuk di kenal sebagai khasanah kekayaan kebudayaan Indonesia.
Nilai-nilai budaya Bali terdiri dari
1. Nilai tata krama : yaitu kebiasaan sikap sopan santun yang di sepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia di dalam kelompoknya.
2. Nilai Nguopin : gotong royong antar masyarakat yang ada di Bali.
3. Nilai Ngayah atau ngayang : Berupa kerja bakti yang tujuannya untuk keperluan agama.
4. Nilai Sopan santun : Kebudayaan bali berupa adat hubungan dalam sopan santun dalam pergaulan terhadap orang-orang yang berbeda sex.
Berikut ini merupakan daftar kebudayaan di pulau Bali yang meliputi rumah adat bali, musik Bali, pakaian daerah serta yang berkaitan dengan seni budaya Bali.
Pakaian Daerah Bali
Pakaian yang berasal dari daerah Bali memiliki banyakt bervariasi, meskipun terkadang secara selintas kelihatannya sama. Di setiap daerah di Bali memiliki ciri khas simbolik dan juga ada ornamen, berdasarkan kegiatan/upacara, jenis kelamin dan umur penggunanya. Dengan melihat hal tersebut di atas bisa di lihat bagaimana status sosial serta status ekonomi seseorang di Bali yaitu dengan mengetahui jenis corak busana dan ornamen perhiasan apa yang dipakainya.
Seni Tradisional Bali
Seni kebudayaan seperti tari Bali pada umumnya di bagi menjadi tiga kategori, diantaranya adalah wali atau seni yaitu tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan yang biasanya untuk upacara dan juga sering di tampilkan untuk untuk pengunjung yang datang ke Bali serta balih-balihan atau seni tari yang sifatnya untuk hiburan. Salah satu jenis seni tarian yang ada di Balidan sangat populer bagi para wisatawan adalah Tari Kecak.
Seni Musik Bali
Jenis musik tradisional Bali sebetulnya memiliki kesamaan dengan musik tradisional yang ada di banyak daerah lainnya di Indonesia. tapi terdapat ciri khas dalam teknik memainkan dan gubahannya yaitu dalam bentuk kecak. Seni kecak yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera. Alat musik tradisional di Bali adalah, Gamelan, Jegog, serta Genggong.
Rumah Adat Bali
Jenis Rumah Adat Bali harus sesuai dengan aturan Asta Kosala Kosali seperti layaknya Feng Shui dalam Budaya China.
Masyarakat Bali memiliki filosofi berupa kedinamisan dalam hidup akan tercapai apabila terwujudnya hubungan yang harmonis antara aspek pawongan, palemahan dan parahyangan. Sehingga dalam pembangunan sebuah rumah harus memperhatikan aspek-aspek tersebut atau yang biasa di namakan masyarakat Bali dengan Tri Hita Karana. Pawongan bermakna para penghuni rumah. Sedangkan Palemahan berarti harus ada hubungan yang baik antara penghuni rumah dan lingkungannya.
Hampir setiap bangunan atau arsitektur tradisional yang ada daerah Bali selalu dipenuhi dengan banyak hiasan berupa ukiran, peralatan, serta pemberian warna. Hal tersebut ternyata mengandung arti tertentu sebagai ungkapan keindahan simbol-simbol dan penyampaian komunikasi.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *