Upaya Promotif Preventif Kuratif dan Rehabilitatif

By | September 5, 2012

Upaya Promotif Preventif Kuratif dan Rehabilitatif Upaya Promotif Preventif Kuratif dan Rehabilitatif Upaya Promotif,  Preventif,  Kuratif,  dan Rehabilitatif – A. LATAR BELAKANG             Dahulu, pembicaraan tentang organ reproduksi selalu dianggap tabu. Jangankan untuk konsultasi ke dokter, sekadar bertanya kepada orang terdekat ( orangtua ) saja merasa malu dan sungkan. Oleh karena itu, pengetahuan masyarakat akan Read More »

Macam Dasar Negara dan Konstitusi

By | February 2, 2012

TOPIK Macam Dasar Negara dan Konstitusi A. Dasar Negara : Pengertian , Substansi, dan Fungsinya 1. Pengertian Dasar Negara Macam Dasar Negara dan Konstitusi – Yaitu ajaran atau teori yang merupakan hasil pemikiran yang mendalam (pemikiran filsafati) mengenai dunia dan kehidupan di dunia, termasuk kehidupan bernegara di dalamnya, yang dijadikan pedoman dasar yang mengatur dan Read More »

LATAR BELAKANG AMANDEMEN UUD 1945

By | October 26, 2011

LATAR BELAKANG AMANDEMEN UUD 1945 » UNDANG UNDANG DASAR 1945   Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, atau disingkat UUD 1945 atau UUD ’45, adalah hukum dasar tertulis (basic law), konstitusi pemerintahan negara Republik Indonesia saat ini. [1] UUD 1945 disahkan sebagai undang-undang dasar negara oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Sejak tanggal Read More »

Pancasila sebagai Etika Politik

By | October 12, 2011

Pancasila sebagai Etika Politik   A. Pendahuluan Adakah terdengar lagi gaung Pancasila dalam kancah kehidupan bangsa Indonesia dewasa ini? Agaknya untuk melihat hal itu, perlu penelaahan yang cukup luas sudut pandangnya. Atau dapat dikatakan bahwa jika Pancasila dilihat sebagai sebuah fenomena, maka perlu juga dilihat noumena atau esensi dari fenomena itu, dengan begitu sudut pandangnya Read More »

pancasila sebagai dasar hukum

By | October 6, 2011

pancasila sebagai dasar hukum pancasila sebagai dasar hukum – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskansedikit mengenai  Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai sumber dari segala hukum negara Republik Indonesia. Pasal 2 Undang-Undang No. 10 Tahun 2004 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan menyatakan ‘Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara.  Ironisnya, ketentuan yang maha penting Read More »