Fungsi Gateway

By | September 13, 2012

Fungsi Gateway Fungsi Gateway ยป Artikel Fungsi Gateway Fungsi Gateway Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software Read More »

Definisi Internet

By | April 7, 2012

Artikel Definisi Internet Apa Itu Internet? Definisi Internet – Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber Read More »

Fungsi samba dalam jaringan komputer

By | January 17, 2012

Artikel Fungsi samba dalam jaringan komputer   Pengertian Samba Apa itu Samba? Samba adalah program yang dapat menjembatani kompleksitas berbagai platform system operasi Linux(UNIX) dengan mesin Windows yang dijalankan dalam suatu jaringan komputer. Samba merupakan aplikasi dari UNIX dan Linux, yang dikenal dengan SMB(Service Message Block) protocol. Banyak sistem operasi seperti Windows dan OS/2 yang Read More »

Pengertian dan Fungsi Firewall

By | December 13, 2011

Pengertian dan Fungsi Firewall dalam Jaringan Komputer Firewall merupakan suatu cara/sistem/mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware , software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah Read More »

Menggabungkan 2 Router dan 2 ISP dengan Mikrotik

By | April 24, 2014

Contoh Menggabungkan 2 Router dan 2 ISP dengan Mikrotik Bila anda memiliki dua buah ISP digabungkan dengan 2 buah router misalkan : 1. Jaringan A dengan ISP 1 dengan Router 1 menggunakan IP adress : 192.168.1.0 2. Jaringan B dengan ISP 2 dengan Router 2 menggunakan IP adress : 172.16.1.0 Agar komputer di jaringan A Read More »