Pengertian Gletser

By | Publised : September 12, 2012

Pengertian Gletser

Pengertian Gletser

Gletser atau ‘glasiar’ adalah sungai es yang bergerak perlahan dan berukuran besar. Asalnya terbentuk dari salju yang turun di pegunungan. Hasil tarikan gravitasi, salju yang membeku menjadi es dan seluruh ke kaki gunung melalui arus sungai.

Di sepanjang sungai gletser, terbentuk berbagai rupa bumi seperti morain, drumlin, esker, sungai gletser, danau fiord, puncak piramida, rabung arete, kame, kettles dan lain-lain.

Gletser merupakan selubung es yang besar yang terbentuk di mana jumlah gumpalan salju melebihi ablasi nya (mencair dan sublimasi) selama bertahun-tahun, bahkan berabad-abad. Setidaknya 0,1 km persegi luas daerahnya dan 50 m ketebalannya, tetapi sering jauh lebih besar, gletser perlahan mencair dan mengalir karena disebabkan oleh tekanan berat. Crevasses, seracs, merupakan ciri pembeda dengan gletser lainnya dari gletser yang karena alirannya. Dampak dari aliran gletser adalah transportasi batu dan puing-puing terkelupas dari substrat dan bentuk lahan resultan seperti cirques dan morain. Gletser terbentuk pada tanah, sering meningkat, dan berbeda dari lautan es lebih tipis dan es danau yang terbentuk pada permukaan badan air.

Pengertian Gletser

Gletser berasal dari kata Prancis. Hal ini berasal dari bahasa Latin Vulgar glacia dan akhirnya dari Latin yang berarti es glacies. Proses terbentuknya dan dampak yang disebabkan oleh gletser dan berhubungan dengan gletser disebut sebagai glasial. Proses gletser, pertumbuhan pembentukan dan aliran disebut glasiasi. Daerah sesuai penelitian disebut glasiologi. Gletser adalah komponen penting dari kriosfer global.
Di Bumi, 99% dari es glasial yang terkandung dalam lapisan es yang luas di daerah kutub, namun sungai es dapat ditemukan di pegunungan dari setiap benua kecuali Australia, dan pada lintang tinggi beberapa pulau-pulau samudra. Di daerah tropis, gletser terjadi hanya ada di pegunungan tinggi.

Es glasial adalah waduk air tawar terbesar di Bumi, mencakup sepertiga dari populasi dunia. Banyak gletser menyimpan air selama satu musim dan melepaskannya kemudian sebagai air lelehan, sumber air yang sangat penting bagi tanaman, hewan dan menggunakan manusia ketika sumber lain sedikit.

Karena massa glasial dipengaruhi oleh jangka panjang perubahan iklim, misalnya, curah hujan, suhu rata-rata, dan menutupi awan, perubahan massa glasial dianggap salah satu indikator yang paling sensitif dari perubahan iklim dan merupakan sumber utama variasi permukaan laut.

Tolong dibaca Juga yang ini.!

Welcome to my Personal Blog – Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Gletser dan anda bisa menemukan artikel Pengertian Gletser ini dengan kata kunci Pengertian Gletser, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian Gletser ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun Jangan lupa untuk meletakkan link postingan tentang Pengertian Gletser sebagai sumbernya

to get more information for related topics Pengertian Gletser You can do a search in that category in the menu above, this topic is about Pengertian Gletser by isomwebs.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *