Pengertian Substansi

By | July 13, 2012

Artikel Pengertian Substansi

Substansi dapat ditafsirkan sebagai ‘yang membentuk sesuatu,’ atau yang pada dasarnya merupakan sesuatu atau dapat disempitkan menjadi itu. Pembahasan mengenai substansi akan selalu terkait dengan esensi (essence).
Esensi ialah hakekat barang sesuatu. Setiap substansi mengandung pengertian esensi; tetapi tidak setiap esensi mengandung pengertian substansi.Aristoteles menunjukan bahwa substansi dapat dikatakan merupakan sesuatu yang di dalamnya terwujud esensi. Substansi dipandang sebagai sesuatu yang adanya terdapat di dalam dirinya sendiri.

Pengertian Substansi

Pengertian Substansi

Jika kita memperhatikan secarik kertas, kertas tersebut mempunyai kulitas-kualitas yang tertentu, namun kertas tadi tidak nampak seperti kualitas-kualitas itu. Jika bangun kertas tersebut diubah, kertas tadi tetap merupakan kertas. Karena itu yang dinamakan kertas bukanlah bangunnya, atau warnanya, atau sesuatu kualitasnya yang lain yang dapat ditangkap oleh indera.
Yang dinamakan kertas ialah substansinya, yaitu kertas.Jadi kalau anda bertanya sekali lagi kepada saya, mudah-mudahan John Locke bisa memberi jawaban, setelah lama berselang John Locke menunjukan bahwa kita tidak akan dapat mengetahui substansi secara langsung, melainkan secara tidak langsung. Karena itu ia menamakan substansi terdalam itu ”sesuatu yang saya tidak tahu apa”Bentuk (Form)

Bentuk ialah struktur.Perkataan ‘bentuk’ mempunyai sejumlah makna. Salah satu diantaranya dapat kita lihat dalam cara berikut ini. Jika kita memperhatikan sebuah meja kayu, kita akan sependapat bahwa meja itu dapat dibedakan dua unsur yang kedua-duanya mutlak diperlukan agar terdapat sebuah meja tersebut.

Pertama-tama ada kayunya. Jelas bahwa meja kayu ini tidak akan ada, jika tidak terbuat dari kayu. Sebelumnya kita telah sepakat untuk menyebut kayu sebagai materi yang darinya meja itu dibuat. Tetapi perhatikanlah bahwa kayu yang sama itu dapat dibuat menjadi kursi atau bahkan tempat tidur.
Apa yang membedakan meja dengan kursi dan tempat tidur ialah strukturnya. Inilah yang kita namakan bentuk. Harus diingat bahwa yang kita maksud bukan hanya bangunnya, karena meja itu dapat mempunyai bangun yang berlainan.

Yang kita maksudkan ialah strukturnya. Sebuah patung dapat mempunyai bentuk manusia, dan bangun yang berlain-lainan semuanya dapat menyatakan bentuk yang sama itu. Tetapi tidak sebuah pun yang mempunyai esensi manusia, karena patung itu bukan manusia, substansinya tetap sebuah batu.

Esensi yang tewujud dalam materi akan mempunyai bentuk yang khusus dan bentuk itu dapat dicontoh. Perkataan ‘bentuk’ kadang-kadang juga berarti pola barang sesuatu. Jika kita berbicara tentang bentuk syair, yang kita maksudkan sebagai polanya yang dilawankan dengan isinya.

……Interupsi……, bisakah kita minta bantuan Aristoteles?

Pendapat dari Aristotles mengatakan bahwa realitas terdiri atas berbagai benda terpisah yang menciptakan suatu kesatuan antara bentuk dan substansi. ”Substansi” adalah bahan untuk membuat benda-benda, sedangkan ”bentuk” adalah ciri khas masing-masing benda. (red.saya menganggap bahwa ‘bahan, benda-benda, atau benda’, tidak berarti materi yang nyata saja, melainkan memiliki arti luas sebagai ‘sesuatu’).
Jika ‘ayam mati –dan tidak berkotek lagi—’bentuk’—nya tidak ada lagi. Satu-satunya yang tinggal hanyalah ‘substansi’ ayam itu.
Substansi selalu menyimpan potensi untuk mewujudkan ‘bentuk’ tertentu.

Dapat kita katakan bahwa ‘substansi ‘ selalu berusaha untuk mewujudkan potensi bawaan. Setiap perubahan alam, masih menurut Aristoteles, merupakan perubahan substansi dari yang ”potensial” menjadi ”aktual”. Sebutir telur ayam mempunyai potensi untuk menjadi seekor ayam. Ini tidak berarti bahwa semua telur ayam menjadi seekor ayam—banyak diantaranya berakhir di atas meja sarapan sebagai telor ceplok, telor dadar, telor orak-arik, tanpa pernah menjadikan nyata potensi mereka.
Pandangan perbedaan yang diberikan Aristoteles antara ”substansi” dan ”bentuk” akan sangat bermanfaat dalam pembahasan kita selanjutnya Pengertian Substansi.


Tolong dibaca Juga yang ini.!

Welcome to my Personal Blog – Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Substansi dan anda bisa menemukan artikel Pengertian Substansi ini dengan kata kunci Pengertian Substansi , Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian Substansi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun Jangan lupa untuk meletakkan link postingan tentang Pengertian Substansi sebagai sumbernya

to get more information for related topics Pengertian Substansi You can do a search in that category in the menu above, this topic is about Pengertian Substansi by somwebs.com

Semoga artikel Pengertian Substansi , contoh makalah demam berdarah, makalah demam berdarah, deam berdarah diatas dapat bermanfaat bagi semua. aminn.. – artikel : Makalah Demam Berdarah dengue, Contoh Paper, Cara Membuat paper, Kamus mandarin Onlne, Aplikasi BBM untuk Android, Smartphone Terbaru 2012, Makalah Tentang Mineral, cara setting nokia 3500c sebagai modem, cara seting DHCP pada linux opensuse, Pengertian DHCPDISCOVER, File server, Pengertian file server, Pengertian file sharing, Fungsi samba dalam jaringan komputer, Pengertian Routing, Jenis Konfigurasi Routing, MAKALAH PENYAKIT MENULAR, Makalah Globalisasi, Dampak Globalisasi di bidang Pendidikan, Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi, Dampak Globalisasi dalam Bidang Sosial Budaya, Naskah Pidato Pengaruh Internet Terhadap Remaja, MAKALAH PENGOLAHAN SAMPAH, Makalah Perbandingan Ideologi Pancasila dan Komunis, Makalah Tentang Teori Hukum, Makanan Sehat Untuk Diet, Contoh Abstrak SkrIPsi, Dampak Positif dan Negatif HP, Cerpen Bingkai, Peradilan Rakyat, Sang Primadona, Di Dusun Lembah Krakatau, Network mapping, Menggabungkan 2 Router dan 2 ISP dengan Mikrotik, Menggabungkan 2 Router dan 2 ISP dengan Mikrotik, Cara Menyembunyikan IP adress, Kelas IP Address, Antivirus Untuk USB Flashdisk, Perbedaan Antara Hubs Switch dan Router, CONTOH MAKALAH IPA POLUSI UDARA, PENGERTIAN SAMPAH, Macam Dasar Negara dan Konstitusi, KATA SAMBUTAN PERNIKAHAN, Makalah Pengaruh Globalisasi Terhadap Kebudayaan, Contoh Penutup Makalah, Contoh Karya Ilmiah Tentang Makanan, PERKEMBANGAN MASYARAKAT DI INDONESIA PADA MASA REFORMASI, Pengertian Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, BUDAYA JAWA TENGAH, Product Key for Win 7 Ultimate, Pancasila dengan Globalisasi, Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet, Pengertian Bandwidth, Pengertian Internet, Pengertian DOWNLOAD DAN UPLOAD, Pengertian Cloud Computing, Pengertian Parallel Computing, Pengertian Embedded Computing, Pengertian Real Time, Tahapan Evolusi Software, Karakteristik Software, Jenis Product Software, Jadwal MotoGP 2012 Lengkap, Cara Menambahkan JCalender ke Netbeans, PENGERTIAN KARTOGRAFI, PENGERTIAN DEMOGRAFI, UTM-Universal Tranfer Mercator, Pengertian Ekuidistan, Pengertian Transformasi, Pengertian Proyeksi, Pengertian Urbanisasi, Download Flash 8, cara install sql server 2000, Pengertian Substansi

One thought on “Pengertian Substansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *