Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

By | Publised : April 7, 2012

Artikel Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

Jika Anda pengguna internet, pasti sering mendengar istilah bandwidth. Apakah bandwidth itu? Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dengan kata lain, dapat diartikan juga sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah.

Frekuensi sinyal ini diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal memiliki bandwidth sekitar 3 kHz, sedangkan analog TV broadcast (TV) memiliki bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth Komputer

Pada jaringan komputer, bandwidth sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lainnya dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, jenis bandwidth seperti ini diukur dalam bps (bits per second) atau dinyatakan dalam Bps (bytes per second).

Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

Sebuah modem yang bekerja pada 57,600 bps, memiliki bandwidth dua kali lebih besar daripada modem yang bekerja pada 28,800 bps. Pada umumnya, koneksi dengan bandwidth yang lebih besar atau tinggi, memungkinkan pengiriman informasi berskala besar (pengiriman gambar dalam video presentation).
Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

Pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna internet adalah berapa besar kecepatan koneksi internet yang diperoleh dari ISP (Internet Service Provider)? Mengukur kecepatan akses internet dapat dikatakan tidak terlalu sulit. Namun, ada beberapa parameter yang terkadang membuat bingung dan memunculkan perdebatan. Jadi, kita perlu memahami ukuran-ukuran kecepatan akses internet.

 

Hal paling utama untuk menentukan kecepatan akses internet adalah ukuran baku dalam menentukan besaran bandwidth yang disewa. Ukuran umum untuk menentukannya adalah bps (bit per second) bukan byte per second. Contohnya, Anda berlangganan 512 kbps (dibaca 512 kilo bit per second).

Nilai 1 Byte sama dengan 8 bit. Jadi, 512 kbps sama dengan 64 kBps. Dengan besar bandwidth yang disewa sebesar itu, kecepatan koneksi internet yang diperoleh dalam melakukan download adalah sebesar 64kBps.

Hal yang kedua adalah berapa besar bandwidth yang disewa dari provider dan paket apa yang disewa? Kedua hal ini akan berpengaruh pada hasil pengukuran kecepatan akses internet. Berikut beberapa paket yang sering digunakan.

Paket Dedicated rasio 1:1, misalnya pelanggan berlangganan internet dedicated 512kbps 1:1. Bandwidth 512kbps ini akan menjadi hak penuh pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain.

Paket Dedicated rasio 1:2, misalnya pelanggan berlangganan internet dedicated 512kbps 1:2. Bandwidth 512kbps ini akan dipakai secara bersamaan untuk dua pelanggan. Keduanya akan bersaing dalam menggunakan bandwidth ini. Semakin besar pembaginya, maka semakin menurun bandwidth yang diperoleh, tetapi semakin murah harganya.

Paket Burstable atau Up to. Pada paket ini, beberapa bandwidth dengan ukuran tertentu dibagi untuk dipakai banyak pelanggan, misalnya paket Up to 1Mbps. Seorang pelanggan dapat memperoleh bandwidth sampai 1Mbps, tetapi tidak ada garansi minimal bandwidth yang diterima. Contoh dari paket ini adalah Telkom Speedy.

Setelah mengerti beberapa hal di atas, kini saatnya mengukur kecepatan internet. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengukur kecepatan internet.

  1. Test Download File yang Cukup Besar dari Server TertentuMelakukan test download adalah cara mengukur kecepatan akses internet dengan simpel dan realible. Hasilnya dapat diketahui dengan melihat transfer rate pada pop-ip windows. Contohnya, download dari http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v2.6/linux-2.6.11.7.tar.gz.
  2. Tes Speed Test dari Server Penyedia untuk Bandwidth Testing Pengukuran dengan speedtest.net dapat memilih tujuan server untuk melakukan tes kecepatan bandwidth. Hasil yang didapat adalah nilai kecepatan upload dan download. Mengukur kecepatan akses internet seperti ini cukup bagus.
  3. Menggunakan Software-Software Pengukur Kecepatan Ada banyak software yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan akses internet. DU Meter adalah salah satunya. Software ini berbayar, tetapi dapat mencoba versi trial.

Tolong dibaca terlebih dahulu !

Welcome to my Personal Blog – Anda sedang membaca artikel tentang Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet dan anda bisa menemukan artikel Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet ini dengan kata kunci Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun Jangan lupa untuk meletakkan link postingan tentang Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet sebagai sumbernya

to get more information for related topics Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet You can do a search in that category in the menu above, this topic is about Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet by somwebs.com

Semoga artikel Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet, contoh makalah demam berdarah, makalah demam berdarah, deam berdarah diatas dapat bermanfaat bagi semua. aminn.. – artikel : Makalah Demam Berdarah dengue, Contoh Paper, Cara Membuat paper, Kamus mandarin Onlne, Aplikasi BBM untuk Android, Smartphone Terbaru 2012, Makalah Tentang Mineral, cara setting nokia 3500c sebagai modem, cara seting DHCP pada linux opensuse, Pengertian DHCPDISCOVER, File server, Pengertian file server, Pengertian file sharing, Fungsi samba dalam jaringan komputer, Pengertian Routing, Jenis Konfigurasi Routing, MAKALAH PENYAKIT MENULAR, Makalah Globalisasi, Dampak Globalisasi di bidang Pendidikan, Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi, Dampak Globalisasi dalam Bidang Sosial Budaya, Naskah Pidato Pengaruh Internet Terhadap Remaja, MAKALAH PENGOLAHAN SAMPAH, Makalah Perbandingan Ideologi Pancasila dan Komunis, Makalah Tentang Teori Hukum, Makanan Sehat Untuk Diet, Contoh Abstrak SkrIPsi, Dampak Positif dan Negatif HP, Cerpen Bingkai, Peradilan Rakyat, Sang Primadona, Di Dusun Lembah Krakatau, Network mapping, Menggabungkan 2 Router dan 2 ISP dengan Mikrotik, Menggabungkan 2 Router dan 2 ISP dengan Mikrotik, Cara Menyembunyikan IP adress, Kelas IP Address, Antivirus Untuk USB Flashdisk, Perbedaan Antara Hubs Switch dan Router, CONTOH MAKALAH IPA POLUSI UDARA, PENGERTIAN SAMPAH, Macam Dasar Negara dan Konstitusi, KATA SAMBUTAN PERNIKAHAN, Makalah Pengaruh Globalisasi Terhadap Kebudayaan, Contoh Penutup Makalah, Contoh Karya Ilmiah Tentang Makanan, PERKEMBANGAN MASYARAKAT DI INDONESIA PADA MASA REFORMASI, Pengertian Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, BUDAYA JAWA TENGAH, Product Key for Win 7 Ultimate, Pancasila dengan Globalisasi, Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *