Cara Membuat Paper

By | January 12, 2012

Contoh Cara Membuat Paper » PAPER

Paper yang saya maksudkan disini bukanlah bahasa inggris untuk kertas . Namun sebuah tulisan ilmiah yang seringkali erat kaitannya dengan dunia pendidikan atau penelitian. Bagi yang masih berkutat dengan dunia perkuliahan, seringkali kita mendapatkan tugas untuk membuat paper dari dosen kita. Atau mungkin bagi yang akan maju ujian tugas akhir, thesis atau disertasi, kita perlu membuat paper sebagai resume (atau bahkan bagi yang akan membuat proposal tugas akhir, bisa digunakan untuk menuangkan ide kita). Termasuk bagi peneliti atau dosen yang ingin melakukan publikasi juga dituntut untuk membuat paper. Lalu bagaimanakah cara membuat paper yang baik ?

Cara Membuat paper

Hm, membuat paper yang baik memang sulit, namun kita bisa mencobanya. Bongkar-bongkar dari materi kuliah Technical English Writing yang saya ambil semester lalu, ada beberapa hal yang ingin saya bagi (baru sempat nulis skr ). Bagi yang punya pengalaman lain monggo silahkan kalau mau berbagi. Materi ini adalah untuk english writing tapi  saya akan coba sadur dalam Indonesia. Semoga bermanfaat.

Permisi…. numpang ngoceh sebentar yaawwww,,,,,,


Cara Membuat Paper – Welcome to my Personal Blog by isomwebs There are many topics about Indonesia like indonesia tourism, tourist attractions, art dan culture of indonesia, cheap hotels, indonesian news and entertainment, top celebrities, automotive, education, healthy, etc. All topics on here such as Cara Membuat Paper just for personal notes by blog author and this topic is about Cara Membuat Paper.

to get any more information for this related topics of HP dual sim card you can do a search in the category at contoh surat, This topic is about Cara Membuat Paper by isomwebs.com


Lanjjjuuuuuutttt,,,,,

Paper terdiri dari beberapa bagian (intinya berisi hal-hal berikut, tidak menutup kemungkinan untuk menyelipkan bagian lain yang dianggap penting:

  1. Judul dan nama penulis beserta keterangan untuk penulis (institusi dan email jika ada, atau nomer registrasi mahasiswa dan email untuk tugas kuliah)
  2. Abstract yang merupakan rangkuman dari paper kita
  3. Introduction (pendahuluan), biasanya berisi hal-hal berikut (tulis garis besarnya saja) :
    • deskripsi yang jelas tentang permasalahan (disebut juga dengan tujuan (purpose))
    • Tunjukkan mengapa permasalahan ini penting, menarik, dan menantang (motivasi)
    • Review yang singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya yang menjadi dasar penelitian kita (scope)
    • Tunjukkan gap/masalah yang ada pada penelitian sebelumnya dan menjadi pertanyaan yang ingin kita selesaikan dalam penelitian kita (gap indication)
    • Tulis dengan jelas solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi gap yang kita sebutkan sebelumnya (solution)
    • Tuliskan secara global penemuan yang dihasilkan (result)
    • Tuliskan struktur penulisan bagian-bagian berikutnya (outline)
  4. Related Work (penelitian-penelitian sebelumnya yang mendasari penelitian kita). Related work inilah yang nantinya akan kita tuliskan ke dalam daftar referensi.
  5. Methodology (untuk bidang komputer atau penelitian yang ada hubungannya dengan komputer dapat menggunakan istilah system architecture). Jelaskan methodology yang digunakan, biasanya dijelaskan dengan bagan atau gambar untuk mempermudah pembaca memahami isi paper kita. Jelaskan pula deskripsi masing-masing bagian dalam gambar kita tersebut.
  6. Experiment & result. Tuliskan eksperiment yang kita lakukan (data yang digunakan, jumlah data, sumber, dll) dan tuliskan hasil yang didapatkan beserta analisa dari hasil yang kita peroleh
  7. Discussion. Tuliskan hal-hal yang ingin anda sampaikan dan isue yang menarik dari penelitian yang kita lakukan. Termasuk kesimpulan dan saran untuk penelitian kita lebih lanjut. Saran biasanya identik dengan future work.
  8. Referensi, berisi semua referensi yang kita gunakan termasuk daftar paper di related work, buku atau resource yang mendukung yang kita gunakan untuk menyelesaikan penelitian kita.

Untuk proposal tugas akhir cukup gunakan point no 1, 3, 4, 5, dan 8, pada bagian metodologi perjelas input, proses  dan output. Atau sesuaikan dengan template yang diberikan di universitas.

So, bagi yang mendapatkan tugas untuk buat paper, entah untuk dikumpulkan sebagai tugas kuliah, atau untuk dipublikasikan tak ada salahnya untuk mampir menikmati catatan saya kali ini, Cara Membuat Paper

2 thoughts on “Cara Membuat Paper

  1. exoisland

    oyeee sangat mebantu kak. thank you untuk informasinya. tau gini lebih lancar saya mengerjakannya hahaha terima kasih terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *