Khasiat Madu Manfaat Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu

By | Publised : December 7, 2011

Khasiat Madu Manfaat Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu

 

Khasiat Madu Manfaat Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu - Banyak orang mengenal madu sebagai campuran jamu. Tapi ternyata madu memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Hingga sekarang rahasia yang terdapat dalam kandungan madu masih menjadi misteri.
Bukan hanya orang Timur saja yang memanfaatkan madu tapi masyarakat Barat sering memanfaatkannya untuk penyembuhan penyembuhan penyakit. Madu bisa di campur dengan jenis makanan atau minuman lain. Para ilmuwan telah mengakui kalau madu dapat di manfaatkan sebagai obat yang sangat efektif untuk semua jenis penyakit. Madu dapat digunakan sebagai obat tanpa menimbulkan efek samping.

Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu – Baju Adat Jawa Gambar Busana Adat Jawa Barat Tengah Timur – Welcome to my Personal Blog by isomwebs There are many topics about Indonesia like indonesia tourism, tourist attractions, art dan culture of indonesia, cheap hotels, indonesian news and entertainment, top celebrities, automotive, education, healthy, etc. All topics on here such as Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu just for personal notes by blog author and this topic is about Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu, to get any more information for this related topics of Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu you can do a search in the category at contoh surat, This topic is about Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Madu by isomwebs.com

Bahkan dalam Islam di QS. An-Nahl: 69 mengatakan :
“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.”
Madu memiliki banyak kandungan zat gizi seperti karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, kalau madu banyak mengandung karbohidrat jika di bandingkan dengan produk ternak seperti susu, telur , daging, keju atau mentega.
Di dalam setiap 100 gram madu murni mengandung 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dan dari hasil penelitian terbaru mengatakan kalau zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .
Khasiat madu telah banayk dikenal sejak jaman dahulu yaitu sejak pada zaman Mesir Kuno . Ratu Cleopatra yang sangat terkenal telah menggunakan madu untuk merawat kesehatan dan kecantikannya.
Salah satu kelebihan dan keunikan dari madu adalah memiliki kandungan zat antibiotik . Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari Peter C Molan ( 1992 ), seorang peneliti yang berasal dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Peter C Molan mengatakan kalau Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.
Beberapa khasiat madu adalah dapat mengatasi infeksi dari berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA),batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan , penyakit kulit.
Kandungan Madu :
Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.
Selain itu Madu kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)
Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.
Khasiat dan Manfaat Madu :
Madu dapat dikonsumsi oleh segala USIA , mulai dari Janin hingga Manula.
1. Memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ( rahim ).
2. Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu Hamil karena memberikan asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan
3. Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.
4. Mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti)
5. Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit. ( H.Mohamad , 2002 ).
6. Mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress.
7. Makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh .( Kesehatan 2001 ).
8. Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain.
9. Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala, diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala.
10. Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kaya vitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.
11. Mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung. Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Pada kadar 20% madu mampu melemahkan bakteri pylori penyebab tukak lambung di piring percobaan.
12. Amat bergizi, melembutkan sistem alami tubuh, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, cocok untuk mengobati batuk berdahak. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai enam bulan.
13. Madu dicampur dengan habbatus sauda’ yang sudah ditumbuk dibuat adonan setelah dicampur air panas kemudian diminum rutin berhari-hari dapat menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kemih, memperlancar air seni, haid dan ASI.
Masih ada pandangan yang salah atau keliru tentang kualitas madu . Ada yang menganggap bahwa madu yang baik adalah yang menimbulkan letusan ketika tutupnya di buka atau yang tidak di kerumuni semut. Justeru madu tersebut telah rusak terfermentasi oleh enzim dan mengarah kepada terjadinya gas dan alkohol itulah sebabnya semut tidak mau mendekatinya.
Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiri daripada yang diambil dari sarang biasa, dan itu tergantung pada tempat para lebah berburu makanannya. (Prima Yuniarti/Voice of al Islam)http://www.voa-islam.com/muslimah/health/2009/07/11/%20243/khasiat-madu-bagi-kesehatan/
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *