Contoh Surat Rekomendasi Kerja

By | December 7, 2011

Contoh Surat Rekomendasi Kerja » Contoh Cara Membuat Surat Rekomendasi Kerja

Contoh Surat Rekomendasi Kerja – Welcome to my Personal Blog by isomwebs There are many topics about Indonesia like indonesia tourism, tourist attractions, art dan culture of indonesia, cheap hotels, indonesian news and entertainment, top celebrities, automotive, education, healthy, etc. All topics on here such as Contoh Surat Rekomendasi Kerja Contoh Cara Membuat Surat Rekomendasi kerja just for personal notes by blog author and this topic is about Contoh Surat Rekomendasi Kerja Contoh Cara Membuat Surat Rekomendasi, to get any more information for this related topics of Contoh Surat Rekomendasi Kerja Contoh Cara Membuat Surat Rekomendasi you can do a search in the category at contoh surat, This topic is about Contoh Surat Rekomendasi Kerja JUDUL2 by  isomwebs.com

 

Surat Rekomendasi Kerja Contoh Cara Membuat Surat Rekomendasi – Saat seseorang merekomendasi orang lain berarti orang tersebut memberi kepercayaan, menyatakan dengan benar tentang data yang di berikan terhadap seseorang.
Sebelum tahap pembuatan surat rekomendasi kerja mari ulas dulu tentang beberapa kata yang berkaitan dengan rekomendasi :

1. Pengertian Surat Rekomendasi
Surat rekomendasi merupakan surat yang dibuat oleh seorang pimpinan, dosen, atasan atau bahkan pejabat tertentu yang isinya tentang keterangan seseorang dengan berdasarkan data-data yang benar. Surat rekomendasi dapat
di berikan oleh seorang pimpinann perusahaan dengan berdasarkan cacatan pembukuan yang ada pada perusahaannya. Tapi surat rekomendasi juga dapat di berikan kepada seseorang yang memerlukannya, seperti surat rekomendasi untuk melamar pekerjaan.

Surat rekomendasi in hampir mirip dengan surat keterangan. Dalam pembuatan surat rekomendasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu dalam penyusunan surat.

a. Seseorang atau obyek yang diterangkan dalam surat rekomendasi adalah datang dari pihak kedua (biasanya yang meminta) misalnya saj alumni sebuah sekolah, universitas, perusahaan, atau bisa juga yang masih aktif belajar atau sedang bekerja pada lembaga atau instansi perusahaan yang diminta surat rekomendasi.

b. Sifat dari keterangan yang terdapat dalam sebuah surat rekomendasi adalah tidak rahasia karena surat tersebut diminta sendiri oleh peminta rekomendasi dan diberikan kepada yang bersangkutan, sehingga yang bersangkutan dapat membaca dan mengetahui isinya.

c. Isi keterangan yang ada pada surat rekomendasi adalah tentang data pribadi seseorang yang berkaitan dan berkenaan dengan hal kecakapan, kelakuan, prestasi, dan lain lain.

Ada perbedaan antara surat referensi dengan surat rekomendasi dan terletak pada ketidakrahasiaan data-data seseorang. Jika surat referensi di peroleh dengan menunjukkan kepada seseorang, surat rekomendasi di peroleh dengan meminta surat rekomendasi dari pemberi rekomendasi.

2. Manfaat dari Surat Rekomendasi

a. Bagi seseorang atau pihak yang meminta surat rekomendasi, surat rekomendasi ini dapat berfungsi sebagai sebuah dukungan moral karena isi data dari surat rekomendasi membenarkan serta menguatkan terhadap hal-hal yang baik saja.

b. Bagi pihak yang memberi surat rekomendasi, surat rekomendasi bisa juga berfungsi sebagai sarana/jalan untuk menambah keakraban dan menjaga hubungan baik dengan pihak peminta.

c. Bagi pihak yang terkait yaitu pihak ketiga, surat rekomendasi bisa berfungsi sebagai alat untuk mengetahui data identitas, data kepribadian, atau mengenai karakter dari seseorang yang telah disebutkan di dalam surat rekomendasi.

3. Bagian-bagian dari Penyusunan sebuah surat Rekomendasi

a. Kepala surat rekomendasi yang terdiri atas :

* kop surat dan biasanya kop surat ini dibuat sangat lengkap beserta alamatnya,
* kata petunjuk yang berupa kata “SURAT REKOMENDASI” yang biasanya ditulis simetris dengan huruf kapital semua,
* nomor surat biasanya ditulis dibawah kata SURAT REKOMENDASI.

b. Tubuh/isi surat rekomendasi, terdiri atas:

* pernyataan kesungguhan pihak yang menerangkan,
* identitas pihak yang diterangkan, berupa nama, tempat/tanggal lahir, alamat, dan lain-lain yang dianggap perlu,
* penjelasan tentang kepribadian, kelakuan, atau karakter orang tersebut,
* klausul penutup, berupa harapan dapat dimanfaatkannya surat tersebut.

c. Kaki surat rekomendasi, terdiri atas:

* tempat serta tanggal dimana dikeluarkannya surat rekomendasi,
* identitas dari penanggung jawab
* jabatan penanggung jawab,
* tanda tangan serta nama terang dan lengkap,

d. NIP, nomor anggota, atau sejenisnya

e. Tanda Cap atau stempel.

Disusun oleh:
1.
2.
3.

Nah setelah mengerti tentang surat rekomendasi silahkan lihat contoh cara pembuatan surat rekomendasi
Anda bisa sesuaikan dengan keadaan dan tujuan surat rekomendas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *