Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung

By | November 2, 2011

Budaya Lampung – Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung

Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung - Selamat datang di blog pribadi saya, ada banyak topik yang tersedia di sini seperti Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang terkait dengan Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung, anda dapat melakukan pencarian dengan Google™  Custom Search diatas. Berikut adalah topik tentang  Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung
Budaya Lampung – Seni Kebudayaan Daerah Bandar Lampung – Propinsi Lampung terletak di pulau Sumatera Indonesia. Lampung memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang menjadi bagian dari kekayaan kebudayaan Indonesia.
Selain memiliki potensi wisata Budaya seperti misalnya Kampung Tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat serta Festival Sekura yang diadakan dalam seminggu setelah Idul Fitri diLampung Barat, Festival Krakatau di Bandar Lampung, Festival Teluk Stabas diLampung Barat, Festival Way Kambas di Lampung Timur. Propinsi Lampung juga telah di kenal menjadi tempat yang subur untuk pertumbuhan dunia seni dan budaya.
Ada yang menarik kalau melihat ciri khas dari orang yang berasal dari Lampung diantaranya adalah Memiliki rambut lurus dan kaku berwarna hitam, memiliki kulit berwarna putih bila terkena sinar matahari berwarna merah seperti orang koreaserta bermata sipit.
Rumah Adat Lampung
Rumah tradisional atau rumah adat yang berasal dari Lampung mempunyai kekhasan seperti rumah berbentuk panggung, atapnya terbuat dari anyaman ilalang, lebih banyak unsur kayu dikarenakan untuk menghindari serangan hewan dan lebih kokoh bila terjadi gempa bumi. Hal ini menjadikan kelebihan tersendiri dari rumah adat Lampung karena masyarakat lampung telah mengenal gempa dari jaman dahulu dan lampung terletak di pertemuan lempeng asia dan australia rumah ini disebut rumah SESAT.
Bahasa Daerah Lampung
Dalam kehidupan sehari hari masyarakat daerah Lampung yang plural menggunakan berbagai bahasa untuk berkomuniokasi sehari-harinya, ada yang menggunakan bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, bahasa Bali, bahasa Minang dan bahasa setempat yang disebut bahasa Lampung. Bahasa daerah Lampung di bagi dua bagian yaitu dialek A (API) dan O(nyo), dua dialek ini dipakai oleh orang lampung A untuk daerah pesisir dan O untuk daerah tengah. Namun sayangnya karena minimnya masyarakat Lampung yang menggunakan bahasa lampung sendiri, bahasa yang seharusnya menjadi budaya Lampung ini kian tenggelam diantara bahasa-bahasa lain, seperti bahasa pendatang dari pulau jawa. Disamping hal tersebut pihak pemerintah juga kurang begitu memperhatikan bahasa daerah Lampung, instansi pendidikan, dan kebanyakan orang tua yang ada di Lampung juga enggan berbicara bahasa daerah Lampung kepada anak-anak mereka.
Seni Musik dan Seni Tari Lampung

Propinsi Lampung memiliki beraneka ragam jenis musik dan tari, mulai dari jenis tradisional hingga modern. Salah satu jenis musik daerah Lampung yang masih bertahan sampai sekarang adalah Klasik Lampung. Sementara untuk jenis tarian yang menjadi aset budaya Provinsi Lampung adalah Tari Sembah dan Tari Melinting (saat ini nama Tari Sembah sudah dibakukan menjadi Sigeh Penguten)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current day month ye@r *