ARTIKEL PENCEMARAN TANAH

By | Publised : October 20, 2011
   

ARTIKEL PENCEMARAN TANAH » PENCEMARAN TANAH

Pencemaran tanah terjadi jika ada perubahan struktur zat penembentuk tanah. Perubahan ini pastinya ke arah yang lebih buruk sehingga tanah menjadi tidak subur lagi dan tanaman tidak bisa tumbuh di atasnya. Itulah yang disebut dengan pencemaran tanah.

Kualitas tanah dapat berkurang karena terjadinya sebuah pencemaran. Pencemaran itu terjadi bisa karena erosi air yang mengalir sehingga kesuburan tanah menjadi berkurang atau dapat pula disebabkan oleh limbah zat padat yang mencemari tanah.

Limbah padat itu berupa sampah, baik bahan organik maupun nonorganik. Sampah itu bisa berasal dari rumah tangga maupun industri. Sampah rumah tangga jauh lebih banyak daripada sampah industri dan sering menjadi masalah dalam kehidupan di perkotaan.

Namun, sampah rumah tangga ini biasanya terdiri atas sampah organik yang bisa terurai dalam tanah, sedangkan sampah industri itu adalah sampah nonorganik yang berupa bahan kimia yang berbahaya yang bisa langsung unsur hara dalam tanah sehingga tahan menjadi tidak subur lagi.

Sampah rumah tangga yang paling berbahaya adalah sampah nonorganik yang berupa plastik, kaca, kaleng dan logam, yang tidak mungkin terurai dalam tanah. Menurut penelitian sampah plastik itu akan terurai menjadi unsur tanah kembali dalam jangka dua ratus tahun. Sedangan sampah organik bisa terurai dalam tiga puluh tahun, namun sampah organik menimbulkan bau dan mengeluarkan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai langkah pencegahan agar pencemaran tanah tidak semakin parah, kita bisa turut menekannya dengan cara memilah jenis sampah yang dibuang berdasarkan kelompok organik dan anorganik atau berdasarkan sampah yang bisa diuraikan dan yang tidak bisa diuraikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *