ARTIKEL PENCEMARAN AIR

By | Publised : October 20, 2011

ARTIKEL PENCEMARAN AIR » PENCEMARAN AIR

Pencemaran air adalah perubahan susunan zat air akibat dari polutan asing yang masuk di dalamnya sehingga kualitas air menjadi rendah dan tidak layak dikonsumsi bahkan bisa menyebabkan kematian.

Di dalam ekosistem tempat tinggal kita, air merupakan salah satu unsur vital pembentuk kehidupan. Air memegang peranan penting dalam keberlangsungan sebuah kehidupan. Kegiatan manusia dalam menjalankan aktivitasnya sebagai mahkluk hidup secara tidak sengaja atau disadari atau tidak telah mencemari air, baik dengan bahan organik maupun kimia.

Contoh kecilnya saja adalah kegiatan cuci mencuci dengan menggunakan deterjen. Secara tidak langsung kita sudah meracuni air dengan zat kimia yang berbahaya yang dapat merusak susunan organik yang ada dalam air. Pemberian pupuk kimia di sawah pun adalah salah satu tindakan pencemaran air.

salah satu langkah sederhana yang paling efektif untuk menekan tingkat pencemaran air adalah tidak membuang sampah ke sungai. Sedangkan untuk skala besar sebaiknya ada aturan tegas dari pemerintah, untuk menginstrukan agar memiliki saluran pembuangan limbah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *