Cara Menenangkan Hati dan Fikiran

By | Publised : September 3, 2011

Cara Menenangkan Hati dan Fikiran

cara menenangkan hati dan fikiranHati dan pikiran begitu berpengaruh pada apa yang kita lakukan. Hati yang gelisah membuat kita dilanda resah. Pikiran yang tak menentu membuat jalan terasa semakin buntu. Menenangkan hati dan pikiran adalah hal yang mampu membuahkan kedamaian.

Tekanan-tekanan yang melanda hendaknya dihadapi dengan lapang dada. Jika Anda bersikap gegabah, justru malah menambah masalah. Jika pikiran Anda terasa berkabut, maka bertanyalah pada hati yang lembut. Keikhlasan pun dapat mencairkan hati yang membeku, dan mampu menuntun ke arah mata angin bahagia.

Untuk menenangkan hati dan pikiran, hendaknya Anda menargetkan sesuatu yang sesuai kemampuan. Berambisi boleh, namun tetap rasional. Jika pikiran Anda tidak terkontrol, hati pun akan semakin gamang, emosi pun kian membuncah. Nafsu hanya akan menghantarkan kita pada jalan derita yang begitu menyiksa.

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran :

  1. Cobalah tenangkan hati dan pikiran Anda dengan terus bersyukur dan menikmati hidup dengan tulus. Dengan begitu, Anda akan menghargai hal-hal kecil yang sesungguhnya bermakna luar biasa. Jika masalah Anda seolah menyesakkan dada, tariklah nafas dalam-dalam agar terasa lebih relaks.
  2. Jangan coba lari dari masalah, menyelesaikannya secara tuntas dengan kepala dingin justru akan membantu menenangkan hati dan pikiran Anda. Selesaikanlah sesegera mungkin, karena dengan berkurangnya beban psikologis dalam diri, maka kemungkinan meledak-ledaknya emosi pun akan berkurang.
  3. Bersiaplah untuk berkomunikasi. Tak sedikit orang yang terbelenggu karena ketidakmampuannya dalam mengapresiasi diri. Kemukakanlah apa yang Anda inginkan, dengan kesiapan untuk menerima perbedaan. Terkadang kita pun tak siap untuk menerima masukan maupun silang pendapat, yang pada akhirnya hati dan pikiran pun tak terkendali.
  4. Jika dengan menata lingkungan, hati dan pikiran Anda akan terasa tenang, maka lakukanlah. Coba benahi lingkungan Anda agar semakin nyaman untuk menempatinya. Selain dari penataannya, Anda pun dapat mengubah aturan main yang sebelumnya kurang tepat. Pembenahan diri pun tentu akan lebih berpengaruh ketimbang pembenahan tata ruang saja.
  5. Untuk menenangkan hati dan pikiran, Anda pun dapat berekreasi atau refreshing ke suatu tempat yang Anda inginkan. Namun, waktunya pun harus tepat, jangan sampai malah lari dari masalah dan meninggalkan kewajiban-kewajiban Anda.
  6. Selain itu, ubahlah mindset Anda ketika menghadapi ujian. Masalah tak berarti derita, namun kehadirannya akan membuat kita semakin dewasa. Tapi mencari-cari masalah pun bukanlah hal yang baik, untuk itu mulailah ubah cara pandang Anda.
  7. Berkumpullah dengan orang-orang yang luar biasa. Jika Anda sedang labil, baiknya tak mengadu pada mereka yang sering menyalakan api. Jika Anda semakin terjebak dalam rasa benci, maka jangan cari mereka yang mudah menyulut emosi.
  8. Bagaimana pun hati dan pikiran Anda harus tetap sehat, salah satunya bergaul dengan orang-orang bijak dalam memberikan nasihat. Bergaul dengan orang-orang humoris pun akan membantu menenangkan hati dan pikiran Anda. Selamat mencoba!

 

One thought on “Cara Menenangkan Hati dan Fikiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *